RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA DOSEN : Drs. Abdul Latief
FAKULTAS : ILMU PENDIDIKAN
NIP :
PROGRAM STUDI : S1
MATA KULIAH : MICROTEACHING
KODE MK :
SEMESTER : VI (ENAM)
PERTEMUAN : III (TIGA)
STANDAR KOMPETENSI : Memahami supervise klinis
KOMPETENSI DASAR : Mendeskripsikan supervise klinis
INDIKATOR : 1. Menjelaskan pengertian supervisi klinis
2. Menyebutkan alasan supervise klinis diperlukan
3. menyebutkan tujuan supervise klinis
4. menguraikan karakteristik supervisi klinis
I. Tujuan pembelajaran
Setelah mempelajari tentang materi ini, diharapkan mampu:
Ø Menjelaskan pengertian supervise klinis
Ø Menyebutkan alasan alasan suoervisi klinis diperlukan
Ø Menjelaskan karateristik supervise klinis
Ø Menguraikan tujuan supervise klinis
II. Materi ajar
1) Pengertian supervisi klinis
Supervisi klinis adalah supervisi yang dipokuskan pada perbaikan pembelajaran melalui siklus yang sistematis mulai dari tahap perencanaan , pengamatan , dan analisis yang itensip terhadap penampilan pembelajarannya dengan tujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran.
2) Alasan alasan supervisi klinis diperlukan
§ Ketinggalan iptek dalam dalam proses pembelajaran
§ Pelanggaran kode etik yang akut
§ Siswa dirugikan
§ Rendahnya apresiasi dan kepercayaan masyarakat
o Kehilangan identitas propesi
3) Karateristik supervisi klinis
v Perbaikan dalam pembelajaran mengharuskan guru mempelajari keterampilan intelek
v Fungsi utama supervisor adalah mengimpormasikan beberapa keterampilan, seerti : keterampilan menganalisis proses pembelajaran berdasarkan hasil pengamatan, keterampilan mengembangkan kurikulim, dan ketrampilan dalam proses pembelajaran.
4) Tujuan supervisi klinis
o Menciptakan kesadaran guru ttng tanggung jawab terhadap pelaksanaan kualitas proses pembelajaran
o Membantu guru untuk senantiasa memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran
o Membantu guru untuk mengidentipikasi masalah yang muncul dalam proses pembelajaran
o Membantu guru untuk mengembangkan sikap positip dalam mengembangkan diri secara berkelanjuta
III. Metode pembelajaran
v LCD
v POWER POINT
v PENUGASAN
IV. Langkah langkah pembelajaran
1. Kegiatan awal
a. Guru mengimpormasikan ttng materi yang akan dibahas
b. Apresiasi : menjawab pertanyaan yang berkaitan ttng supervisi klinis
c. Motivasi : memperoleh informasi tentang tujuan dari kegiatan pembelajaran tersebut.
2. Kegiatan inti
3. Kegiatan akhir
membuat kesimpulan tentang supervisi klinis, dengan tujuan untuk memahami materi yang diajarkan sehingga siswa mudah mengingat.
V. Sumber belajar
Alfonso, RJ., Firth, G.R., dan Neville, R.F.1981. Instructional Supervision, A
Behavior System, Boston: Allyn and Bacon, Inc.
Danim, Sudarwan. 2006. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi
Aksara.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1982. Alat Penilaian
Kemampuan Guru: Buku I. Jakarta: Proyek Pengembangan
Pendidikan Guru.
VI. Penilaian
§ Tertulis
§ Uraian
TUGAS
MICROTEACHING
OLEH
NAMA : INDRIYANI
IIN RISKA PARLINA
KELAS : V1 A
JURUSAN : TP
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
INSTITUT KEGURUAN DAN ILMUPENDIDIKAN
IKIP MATARAM
2010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar