Rabu, 02 Juni 2010

RPP (MICROTEACHING)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

NAMA DOSEN : Drs. Abdul Latief

FAKULTAS : ILMU PENDIDIKAN

NIP :

PROGRAM STUDI : S1

MATA KULIAH : MICROTEACHING

KODE MK :

SEMESTER : VI (ENAM)

PERTEMUAN : III (TIGA)

STANDAR KOMPETENSI : Memahami supervise klinis

KOMPETENSI DASAR : Mendeskripsikan supervise klinis

INDIKATOR : 1. Menjelaskan pengertian supervisi klinis

2. Menyebutkan alasan supervise klinis diperlukan

3. menyebutkan tujuan supervise klinis

4. menguraikan karakteristik supervisi klinis

I. Tujuan pembelajaran

Setelah mempelajari tentang materi ini, diharapkan mampu:

Ø Menjelaskan pengertian supervise klinis

Ø Menyebutkan alasan alasan suoervisi klinis diperlukan

Ø Menjelaskan karateristik supervise klinis

Ø Menguraikan tujuan supervise klinis

II. Materi ajar

1) Pengertian supervisi klinis

Supervisi klinis adalah supervisi yang dipokuskan pada perbaikan pembelajaran melalui siklus yang sistematis mulai dari tahap perencanaan , pengamatan , dan analisis yang itensip terhadap penampilan pembelajarannya dengan tujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran.

2) Alasan alasan supervisi klinis diperlukan

§ Ketinggalan iptek dalam dalam proses pembelajaran

§ Pelanggaran kode etik yang akut

§ Siswa dirugikan

§ Rendahnya apresiasi dan kepercayaan masyarakat

o Kehilangan identitas propesi

3) Karateristik supervisi klinis

v Perbaikan dalam pembelajaran mengharuskan guru mempelajari keterampilan intelek

v Fungsi utama supervisor adalah mengimpormasikan beberapa keterampilan, seerti : keterampilan menganalisis proses pembelajaran berdasarkan hasil pengamatan, keterampilan mengembangkan kurikulim, dan ketrampilan dalam proses pembelajaran.

4) Tujuan supervisi klinis

o Menciptakan kesadaran guru ttng tanggung jawab terhadap pelaksanaan kualitas proses pembelajaran

o Membantu guru untuk senantiasa memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran

o Membantu guru untuk mengidentipikasi masalah yang muncul dalam proses pembelajaran

o Membantu guru untuk mengembangkan sikap positip dalam mengembangkan diri secara berkelanjuta

III. Metode pembelajaran

v LCD

v POWER POINT

v PENUGASAN

IV. Langkah langkah pembelajaran

1. Kegiatan awal

a. Guru mengimpormasikan ttng materi yang akan dibahas

b. Apresiasi : menjawab pertanyaan yang berkaitan ttng supervisi klinis

c. Motivasi : memperoleh informasi tentang tujuan dari kegiatan pembelajaran tersebut.

2. Kegiatan inti

3. Kegiatan akhir

membuat kesimpulan tentang supervisi klinis, dengan tujuan untuk memahami materi yang diajarkan sehingga siswa mudah mengingat.

V. Sumber belajar

Alfonso, RJ., Firth, G.R., dan Neville, R.F.1981. Instructional Supervision, A

Behavior System, Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Danim, Sudarwan. 2006. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi

Aksara.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1982. Alat Penilaian

Kemampuan Guru: Buku I. Jakarta: Proyek Pengembangan

Pendidikan Guru.

VI. Penilaian

§ Tertulis

§ Uraian

TUGAS

MICROTEACHING

OLEH

NAMA : INDRIYANI

IIN RISKA PARLINA

KELAS : V1 A

JURUSAN : TP

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

INSTITUT KEGURUAN DAN ILMUPENDIDIKAN

IKIP MATARAM

2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar